Siklus Sporulasi dan Perkecambahan pada Bacillus Subtilis

0




Sporulasi pada Bacillus subtilis melibatkan pembelahan sel yang asimetris diikuti dengan diferensiasi menjadi dua tipe sel, endospora dan sel induk. Mantel pada endospora merupakan lapisan perlindungan yang berlapis-lapis yang melindungi genome bakteri selama kondisi stress dan disusun dari lusinan protein.
Sporulasi dimulai ketika sporangium membelah secara asimetris untuk membentuk dua bagian: sel induk dan forespre, yang dipisahkan oleh septum. Selanjutnya, sel induk akan menelan forespore, dan membran sitoplasmanya mengelilingi forespore dan dobel membran pada forespore terbentuk. Pembentukkan mantel hanya dimulai setelah adanya inisiasi penelanan dan berlanjut selama sporulasi. Kortkes peptidoglikan diantara dalam dan luar membran forespore terbentuk selama sporulasi akhir.
Pada tahap terakhir, sel induk akan mengalami lisis untuk melepaskan spora yang telah matang ke lingkungan. Spora-spora tersebut mampu berkecambah dengan cepat dan tumbuh secara vegetatif jika tersedia cukup nutrisi.